Pembelajaran SD Ar Rohmah

Pembelajaran SD Ar Rohmah
Adapun jenjang SD model belajar yang digunakan adalah model belajar  “Lingkar Ilmu”. Yaitu siswa mendatangi dan belajar kepada guru yang ahli di bidangnya  dan membentuk satu kelompok lingkar ilmu. Misalnnya, lingkar ilmu Matematika, lingkar ilmu Tematik dan lain-lain.

Prinsip-prinsip pembelajaran dalam model belajar Lingkar Ilmu ini adalah :

Belajar tuntas. Siswa tidak akan belajar tentang kompetensi yang lebih tinggi bila ia belum menguasai  kompetensi yang lebih awal dengan baik. Ini untuk menghindari kebingungan dan kelambatan siswa dalam belajar nantinya. Proses ini akan bersifat evolusioner, namun hasilnya bersifat revolutioner.
Setiap siswa itu unik. Setiap siswa memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda. Siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya masing-masing. Bila seorang siswa mampu dengan cepat menguasai suatu kompetensi, ia dapat segera melanjutkan pada kompetensi berikutnya tanpa harus menunggu temannya.
Menjaga Adab. lingkar ilmu ini adalah sarana yang sangat bagus untuk menanamkan adab kepada siswa. Baik adab terhadap ilmu, guru, teman dll. Aspek prilaku/sikap dalam menuntut ilmu disini sangat diperhatikan. Tanpa adab, ilmu tidak akan berarti apa-apa – bahkan bisa membahayakan – dan tidak akan mendekatkan siswa kepada Tuhannya, bahkan makin menjauh.

Menghormati otoritas guru. Siswa dapat naik pada level berikutnya bila telah mendapat restu dari guru. Ini untuk menanamkan nilai bahwa kelulusan itu tidak hanya ditentukan oleh selembar kertas. 

Guru memberitahukan kepada seluruh anggota kelompok lingkar ilmu bila ada seoarng siswa yang telah berhasil mencapai kompetensi tertentu dan mendoakannya.Kedekatan hubungan antara murid dan guru. Guru tahu betul kondisi masing-masing murid dengan lebih spesifik dan dalam. Membantunya bila ada kesulitan, menyayangi dan membimbingnya.

0 komentar:

Posting Komentar